Minggu, 31 Desember 2017




Jumat, 24 November 2017

>> Tasyakuran 4 Bulanan Kehamilan



Alhamdulillah setelah melewati masa-masa deg-deg an akhirnya sampai masa aman 1, TM 1 sudah terlewati, mmm iya mual, dan semua-mua yang dialami bumil muda saya alami. Hehe...finally dapat tanggal buat acara tasyakuran 4 bulanan. Tadinya rencana mau di rumah Jawa Tengah eh ternyata katanya mah kalau 4 bulanan di pihak laki dan kalau 7 bulanan di pihak cewek. Nah kata bokap nih mending gitu aja, setuju kalau 7 bulanan aja di rumah.

17 nov 2017 kita dapat tanggal buat ngadain acara, pesen sana-sini deh mertua tapi menu dan tetek bengeknya dari nyokap di Pati. Hihi

Sebenernya gak ada dalil atau hadist buat ngadain acara kayak gini dalam Islam, tapi ini sebagai bentuk rasa syukur dan sekaligus doain si baby dan si Ibu agar selamat dan sehat hingga nanti baby lahir ke dunia.

“Sesungguhnya setiap orang diantaramu dikumpulkan penciptanya di dalam perut ibunya empat puluh hari berupa nutfah, kemudian menjadi segumpal darah, (empat puluh hari kemudian), kemudian menjadi segumpal daging selama itu pula (40 hari berikutnya). Kemudian diutuslah kepadanya malaikat, lalu meniupkan ruh kepadanya dan diperintahkan atasnya menuliskan empat hal; ketentuan rizkinya, ketentuan ajalnya, ketentuan amlanya, dan ketentuan celaka atau bahagianya...” (HR Bukhari Muslim)

Nah sesuai hadist itu maka biasanya masyarakat Jawa melakukan 4 bulanan, semua serba .

Kamis malam udah meluncur dari Lumajang, eh iya ini pertama pas hamil agak gedhe naik bus, deh rasanya boyok, lurus salah, miring salah sakit semua alhasil gak tidur di bus. Cuma ngeliat bojo tidur pules. Beruntungnya dapat deh ijin sehari di hari Jumat itu dan sekalian senin dan selasa si bojo dinas di Surabaya.
Kalau di Surabaya gak ada adat katanya mertua, di sekeliling rumah gak ada begituan, tapi aku baca di situs2 gitu malah lebih wow gitu adat di Surabaya, ya wilayah Jawa Timur gitu. Hihi. Tapi kita ngadain sederhana aja.
Pagi udah ke pasar pojok beli kembang dan beli jajan buat diri sendiri hehe, beli susu kedelai dibilangi bakulnya bagus buat ibu hamil, padahal mah saya belum ngecap sepatah kata pun kalau saya hamil dan doyan aja krn gak terlalu manis si bakul bilang, Alhamdulillah, saya pas gak suka manis, bikin mual, siangnya bantuin bungkusin kembang, potong janur, ngracik rujak, dawet dan jemput Ibu Bapak deh dari Pati. Wkwkwkwk.
Ini untuk kartu ucapan di dalam kotak nasinya, edit sendri dan dapat dari browsing2 di inet. Cetak print di kantor pas si bojo lembur dan daku nemenin sambil cetak ini, Alhamdulillah hihi
bentukan kartu ucapan di kotak makan

Untuk menu jajan dalam kotakan ada dawet, rujak (buahnya ada 4 jenis), pala pendem (kacang, ketela, ubi rambat) dan jajan yang lain. Di kotak jajan ada kembangnya juga, kembang buat acara 4 bulan syukuran, beli di tukang kembang gitu bilang aja buat syukuran 4 bulanan, bisa juga pesen buat acara mandinya, 7 bulanan, atau manten, nanti pas disitu kita ditanya (baru tahu aku, hehe kebetulan beli sendiri)


 


jajan di kotak, rujak, dawet, pala pendem, dan lain-lain

bunga yang beli dan di masukkin ke kotak jajan, jadi wangi deh isi kotak
Untuk nasi kotaknya alias berkat (mak brek diangkat) kata orang Jawa begitu dapat diangkat itulah Jawa yah. Isiannya Ada ikan yang di masak apa aja, tapi utuh ikannya, ini kebetulan milihnya bandeng, ada telur utuh, ada nasi kuning, ada mie goreng, ada sambe goreng kentang ati, ada acar kuning mateng wortel timun dan di kotak nasi di selipin janur sepotong (kira-kira 5cm lah ya sepanjang jari gitu) pake jarum jahit di sematinnya. Baru deh dikasih kartu di atasnya. Ini punya arti semua dari si makanan sampai yang ditempel-tempel itu.


agak ngeblur (maapkeun) isinya ikan bandeng utuh ada artinya katanya, gak boleh daging kalau mau ayam juga harus utuh hihi
 
Untuk pengajiannya ibu-ibu yang ngaji, baca surat Albaqarah, Yasin, Mariam, Yusuf, Luqman, dan sholawatan dan beberapa surat lainnya, banyak, si calon Ibu, (sebut saja saya) juga disuruh ngaji, melantunkan beberapa ayat buat si baby, deeuuuhh awalnya pegang mic ngaji jadi grogi, berasa mau nyanyi (lhaaahhh) haha. Nek oleh nyanyi ya nyanyi yah, “ sayaaaanggg opo koe ngerti....” jreeeenggg malaikatnya langsung kabur dan ngutuk gueh kayaknya haha.... Alhamdulillah ngajinya lancar tapi begitu di suruh sholawatan dengan melagukan saya jawab dengan lantang malu-malu kalau gak bisa, sholawatnya yang biasa saya bisa, akhirnya di ambil alih buibu pengajian, eh iya pas pengajian hujan dereeeeessss tapi Alhamdulillah banyak yg datang, terharu padahal pan gak kenal eike ya tapi mau doain si ibu dan si baby, saya nangis, pas udah kelar pengajian di suruh keliling salaman sambil ucap terimakasih dan  minta doa, dan mertua ngikut di belakang semprotin minyak wangi. Katanya begitu sih, biar wangi.... #haha. Dan pas awal disuruh nyiapin air putih di gelas buat diisi lantunan doa yang di gelar, terus airnya di minum si calon ibu, eh calon bapaknya juga dapat #hihi
Selesai ngaji, ramah tamah, makan-makan, makan soto daging waktu itu, mertua yang siapin. Terus buibu pulang dengan bawa tentengan nasi kotak dan snack.
Sayang disayang kog kita gak ngabadikan via foto, wis rame gak kefikiran banget hehe.Alhamdulillah lancar semua dan sukses. Terimakasih untuk buibu yang berhasil menggelontorkan airmata saya karena haru, karena gak kenal tapi mau mendoakan anak piyik dan baby ini. Alhamdulillah semoga saya bisa terkenal diantara tetangga nantinya #hhehheee (udah terkenal kog, terkenal baiknya semoga) aamiin,.

ini buat yang di kantor bojo tambah simple karena yang dipesenin bukan orang Jawa alias Jatim jadi agak gak paham ^_^
Semoga si Ibu (a.k.a saya) dan de bay sehat dan selamat nanti dan tak kurang satu apapun dan si calon bapak tambah sabar nanti nya hehe. aamiin

Minggu, 10 September 2017

>> Happy 1st For Us

Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah... sudah berjalan 1 tahun
Ada suķa pastilah ada duka, ada tawa pastilah ada tetes airmata. Kita udah lewati semua dan masih kuat, masih kokoh walau emang pasti banyak kerikil, ego, yg membara, yah 2 isi kepala ya kan gak pernah sama.

Masih di suasana idul adha, pas kita nikah juga suasana idul adha. Alhamdulillah. Pun setahun nikah kita udah dikasih rizki banyak sama Allah, rizki teman, sahabat, makanan, uang (sedikit bonus) dan rizki debai yang di bulan ke 4 pernikahan kita dititipin Allah ke kita tapi diambil lagi sama yang punya #Alhamdulillah #innalillahiwainnaillaihirojiun. Tangis sudah pasti tapi Alhamdulillah ada yg selalu menggenggam tangan ini, ada yang selalu ngingetin pas iman lemah-lemahnya, ada yg selalu ngedorong buat berdiri setelah jatuh dan nyungsep. Selalu ingat ada orang lain yg jauh sangat lebih sedih dan kurang beruntung dari kita, maka sejak itu hingga kini selalu berdoa dan merayu Allah. Selalu semangad walau semua serasa pasrah #rizkigakkemana. Saya anggap belum rizki dan Allah ganti dengan yg lebih baik in syaa Allah.

Terimakasih Allah kirim bojo yg kuat, yg walau hatinya sedih pasti dia berusaha tegar buat saya karena gak mungkin kita jatuh bersama terus siapa yg nguatin nanti. Trimakasih selalu menggenggam jemari ini buat dzikir panjang dan mengusap airmata ini walau kadang terdiam karena tau rasa sedihnya aku. Terimakasih udah nurutin istri bawel ini yg masih mau kemana mana yg gak betahan di rumah yg suka jadi percobaan praktek menu masakan dan trimakasih bawelnya mau bikin aku gemuk #fyuhhh (ini wis pas wegah gemuk).

Masih akan ada 2 taon, 3 taon, 4 taon, 5 taon dan taon taon berikutnya dan Allah akan limpahkan rizki nambah member keluarga kita #aamiin. Semoga ini rizki dan ladang amal kita ke depan dengan karunia si Bai yang coming soon #pastinya

Minggu, 03 September 2017

>> Me Time : Solo the Spirit Of Me (Java)

Hoho ini dia ... biasanya klo Nyolo itu pas weekend dan cuma seharian aja ya kali ini bisa lama dikit. Kejar2an ama kreta #hadeuh karena apa? Kutukan klo naik kreta pastilah mefet bgt padahal juga udah jauh jam brangkat tetep gitu apalagi deket jam brgkt #uwow banged.

Ke Solo ngapain nih? Ya mainlah #lhah haha... kondangan donk itu inti acaranya. Trimakasih sekian #halah. Okey berangkat pas Jumat karena Jumat acaranya malam jd kita bisa santai. Naaah iya pas sampe Solo kunci rumah henk nih ilang #God dan finally cari hotel terdekat untuk siap2 ke kondangan. Dan seperti biasa ngrepotin bestfrend buat nengokin kita. Ketemu di Luwes ruang makan kita, soalnya klo di Luwes nongkrong buat mam. Haha kantinnya enak tempatnya plus bisa belanja. Haha

Okey, nemu hotel di Slamet Riyadi situ aja dan siap2 kondangan walo ternyata hujan #musimnya lalu pesen taxi online ke TKP hadeeuhh padahal kan ya baru mulai acara dan gak telat2 amat wis keabisan souvenir #uwow banged. Oiya kondangan di Solo jgn harap kayak di tempat lain yg bisa bebas ambil makan ato berdiri kemana mana nyicip semua makanan ya. Disini bener2 duduk manis nunggu makan dtg minum dtg dan nunggu diajak foto #fyuuhhhh
Pas sampe binun ini, mau duduk mana kog full akhire dicariin deh kursi sambil tanya ada orang yg nge-cup gak #bahasanya. Abis itu pindah duduk yg ada temen2 anak UNS. Haha. Trus dikasih makanan pembuka, roti tart gitu #seingatsaya dan gak dapet minum😭 karena di kursi2 yg telah disediakan ada meja isinya teh, tp wis pd buka tutupnya dan wis sisa. Hehe. Dapet mam deh #Alhamdulillah dan dapet penutup #eskrim yg aku abisin karena haus kak #hihi. Acaranya giliran foto ngucapin slamat dan sambutan2 gitulah pengiringnya tetep nyanyilaaahh #dibayarbuatnyanyi. Lalu kita foto, anak UNS begitu itupun pas ampir kelar... hehe wis kelar malahan. Lalu kabur pamit deh... haha. 

Kado buat Nganten, Solo banged ya... batik hehe

Nih suasana sedikit ketika kondangan, kebanyakan keluarga kedua mempelai karena seragam semua sih hihi

OOTDK yg dadakan jilbab beli pas mampir luwes siangnya haha

Lhaahh abis dari kondangan nih ke MCd kita haha kenapa? Karena masih laper, nasi di acara gak nampol cuy hihi karena biasa kondangan prasmanan kali ya, apa aja diembat diicip dan dinilai mana yg enak #haha dan di MCd ini lhaahh kog ketemu beberapa tmn yg juga dtg di kondangan td #apaaaaahhh jadi mereka merasa apa yg kita rasa ya... heuheu 

Finally pulang ke hotel dan bubuk manis lalu pagi harinya sisa makanann camilan di Mcd kita embat karena laper dan lagi akhirnya kita cari soto buat sarapan, soto triwindu klo gak salah, dan letaknya pas googling ternyata deket hotel. Deeuuhjh hotel ini enak banged deh pokoknya strategis. 
Soto bening enaaakkkkk... haha rasanya pengen bawa pulang bungkuuuuss
Abis sarapan kita checkout dan ke PGS karena henk mau beli titipan2. Trus ke Luwes nitip barang dan manggil cowok panggilan buat bantu duplikat kunci. Belanja ke PGS naksir clana kulot batik dan muter2 karena awal tanya harga kog segitu dan muter cari barang yg sama tapi kog gak sama karena lebih tipis klopun ada dan cari barang itu lagi di toko itu tapi lupppaaa tokonya akhirnya nemu deh dan beli haha. Kulot batik buat jelong2 besoklah ya.. sore ini nunggu mba yas soalnya dia kerja sampe Sabtu ashar. . 

Es potong es unyil

Di PGS dapet makanan banyak, kuliner es campur, sup buah, dapet es unyil #esjamankecil #jajananak90an dan dapet otak2 bakar dan goreng bumbu kacang yg khas jualnya di depan PGS Beteng ini. Dari jaman kuliah langganannya.

Makan siang di Luwes dan beli air minum.  Pas mau maghrib kita jalan ke Bteng Vredeberg karena deket dari Luwes. Dan ada festival keroncong waktu itu.
Solo spirit of me of Us


Kita memang anak rumah biroe


Soldout #Alhamdulillah d'first abis nikah ke Solo

Mereka, klo kalian ada yang naksir, mereka single cari pasangan hiduo

Ini mba Yas yg paling alim diantara kita kayaknya krn rajin kajian

Ini mba henk yg slalu dirempongin klo kita ke Solo krn nginep tempat Utinya

Baru GR edisi penutupan

Festival Keroncong

Jepretan aku pas abis maghrib, cantik ya meremang


Lalu ke rumah uti henk setelah mb yas dtg dan kita ke Ngarsopuro lalu cari tempat mam. Lupa nama tempatnya deh yg pasti makanannya enak tp sepi sih, karena udah malam kali ya mendekati tutup dan lagi beberapa layanan go food yang antri. Hihi. Makanannya enak dan juga minumannya rekomended dan wwajib diulang deh.

Tomyam aku... mayan komplit isinya, bumbunya sedaaaapppp

Onion ring nya gedhe dan enak bumbunya tapi gak ada mayo nya

Itu pesanan henk, oren apa gitu, aku yg sehat sehat aja jus mix sayur dan endeuuas tuh jus sayurnya

 Okey kita kenyang dan bersiap tidur wkwkwkwk. See you tumoromowning.

Sarapan nunggu si cowo panggilan kita, dan mau jelong jelong entah kemana. Haha.

Air terjun Jumog ke arah TW


Di depan pintu masuk, tiketnya mayan murah, rame bangeeedddd pas wiken kali ya

Dibuang emoh #mukanyagakkontrol karena angin air jd satu dan basaaahh ituuuu takut terbang dan ngeplak baju

Edisi timer hihi Mr.timer akhirnya pny foto berempat

Edisi selfie agak maksa

Jembatan cinta

Edisi basaaaaaahhh semuaaaahhh

Ini jaraknya deket dan bajunya basaaaahhhhh semuaaaahhh #hehe

Edisi timer dan deg degan HP mental

Selpih

Mr.timer again with tripod tongsis


Abis dari Jumog lanjut cari tempat nganget alias pemadam kelaparan dan jatuhlah ke sebuah warung bakaran abis itu ke Kemuning kebun teh, cekidot

Nunggu mam lele bakar dan susu jahe, kopi, susu

Edisi kelamaan nunggu makanan

Edisi isengnya kita

Ini diaaahh icon kemuning

M for Merlinda for muach muach #haha

Atiiiiiiissssss

Hayiokkkk nge-teh

Swaphoto no control

Edisi bocor ada yg nyempil

Pemetik teh yg unyu unyu

Bebas ajalah haha

Abis dari lelah lelahan maka mba Yas pulang dan juga Mas Yoga pulang besok mereka kerja dan besok kita pulang ke Madiun dan Sby. Dan aku ama henk masih semalam di Solo akhirnya cari mam dan kita pilih tempat angkringan kekinian.

Pintu depan, agak masuk gank ya dr jalan depan tapi ada papan petunjuk gedhe

Monggo, sugeng rawuh

Framing people

Nyandar deh #lelah

Menu jejamuan

Ada Budha tidur disini

Jepretankuh #mayanHPku sebelum full memory

Edisi Bali

Edisi Jawa

Klo kamu berdua aja, monggo

Edisi Jawa joglo

Nasi kucing, alias HIK dan lauk pauknya

Wedang uwuh #nyoossss

Camilane okeh sekalian nongkrong


Paginya dapet kreta pagi dan beli oleh2 dulu serabi solo dan beli sarapan deh... hehe lalu pulanglah kita naik kreta dan beli bakso dalam kreta yang emang enak #haha

Terimakasih pihak-pihak yang telah berjasa atas METIME saya kali ini, pihak yg mengundang mba nova, pihak henk dg rumah Utinya, mba Yas motornya, mas Yoga motor dan tenaga dan kerempongannya. Dan para penjual makanan enak di Solo dan semua mua deh... muaaaccchhhh makasih bojo udah ijinin alan-alan ini, besok besok aku ajak kamu ya... belanjaaa blanjiiiiii.... hehe

#seeyouagainSolo #spiritofUs