Kamis, 07 Juni 2018

>> Aqiqah Lil Baby


Pas di hari ke 7 deh si Bai lahir, sesuai di agama bisa dilakukan aqiqah, nah aqiqah sendiri bisa dilakuin di hari ke 7,14,21 pokoknya kelipatannya (klo gak salah)eh iya kalau mampu pastinya kalau gak ya gapapa toh sampe tua juga bisa bahkan sampai ke kubur juga bisa. Alhamdulillah abis dapat rizki dan kemarin ini si Bai lahir tanpa biaya, paling bayar imunisasi doank (Alhamdulillah) jadi alokasi dana yang mikirnya SC bakalan mahal maka jadilah dana buat Aqiqah.


كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّيكُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تَذْ بَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى
Setiap bayi tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan (kambing) untuknya pada hari ke tujuh, dicukur dan diberi nama” [HR Abu Dawud, no. 2838, at-Tirmidzi no. 1522, Ibnu Majah no. 3165 dll.


Di dalam Islam, pelaksanaan aqiqah ini memiliki hukum yaitu sunnah mu’akkadah, yakni ibadah yang sangat dianjurkan dan pahalanya mendekati pahala ibadah wajib. Bagi orang yang menanggung nafkah hidup sang anak wajib sangat disarankan untuk melaksanakan aqiqah pada hari ketujuh. Namun, jika tidak mampu melaksankannya tidak ada dosa baginya.

Nah, itu penjelasan Islaminya. Oiya walau bayi lahir menghirup nafas beberapa saat saja lalu meninggal juga di sunnahkan Aqiqah tapi tidak untuk janin, yang mengalami keguguran #hiks. Oiya buat anak cowok cukup 2 kambing/domba dan anak cewek 1 saja cukup. Kemarin pesen kambing di Oom, tentunya yang sesuai ketentuan ya kambingnya.

Akhirnya terpilihlah tgl 1 Mei 2018 untuk Aqiqaah si Bai, plus kita kasih nama dan cukur rambut, ngundang anak yatim beberapa. Si bojo gak bisa balik ada restore di kantor dan akhirnya gak ada bojo. Semua masakan masak sendiri manggil tukang masak dan ada berjanjen alias ngaji tadarusan, doain bayi. Eh iya kenalin nama si Bai

MARITZA QIANA AISYAHFARA

“aku lahir seminggu lalu, sebelum aqiqah, aku kecil sekali kadang Bia manggil aku cimit (cilik amit: kecil amat) sebab lahirku hanya 2300gram dan aku punya panjang 47cm dan aku punya badan kieng a.k.a roso a.k.a kuat jadi mungkin Bia ini mantan preman (tsaahh) jadi aku lahirnya berotot, hobiku pip,poo dan miksu juga oek oek, onty, oom banyak yang bilang aku menik-menik karena bibirku imut #hihi semoga aku sehat selalu ya, doain aku dan Bia, Abi agar sehat selalu, aamiin.”

Acara sore itu, pengajian dan makan2 habis pengajian (kenapa milih buat acara syukuran sekalian aqiqah karena pas selapanan nanti pas puasa jadi pasti gak bisa makan2 kalau ngundang orang hehe). Pas prosesnya ada cukur rambut beberapa helai, dan kita muter, aku gendong Qiana dan si Uti bawa bedak sama gunting mangkok tempat rambut. Pas muter minta doa dan diolesi bedak tuh kepala si Qiana. Heuheu kasian cemong semua, padahal udah gak boleh pakai bedak kan yak, tapi bagaimana lagi, langsung dilap waktu itu. Yang cukur pak modin/ustadz. Terus di doain deh si Bai. Bagi-bagi rizki juga ke anak yatim. Acara sederhana saja gak ribet. Jadi hanya sebentar aja.
Pengajian Aqiqah Buibu

Pengajian Aqiqah Buibu (Alhamdulillah lumayan banyak)

tradisi muter salim dan dibedakin buibu sambil di doain (aamiin semuaaaa)

colek elus pake bedak

di elus dan diusap sambil di doain sebelum proses cukur si Bai

bisa di Zoom itu muka udah cemong penuh bedak (Ya Rabb semogalah tak apa2), cukur sedikit rambutnya yang kemudian ditimbang dan dinilai dengan harga perak lalu di sedekahkan ke anak yatim

selesai dan di doain pak kyai/modin

after tradisi muter bedak #hihi

Alhamdulillah beberapa keluarga datang bantu-bantu. Dan banyak kado yang diterima si Bai, bersyukurnya si Bai lahir di desa wkwkwkwkwk. Uups rumah kita desa di tengah kota, masih masuk kota tapi karena lingkungan masih sawah alhasil pada nyebut desa di tengah kota.

Alhamdulillah acaranya berjalan lancar dan ternyata ada banyak yang gak bisa kita bagi kotakannya karena niatnya memang sederhana dan gak bisa buat banyak deh. Maafkan deh mbah-mbah dan uti-uti, onty, oom semuaaa minta doanya saja ya. Terimakasih dari Abi, Bia dan Bai Qiana. ^_^

0 comments:

Posting Komentar