Sabtu, 31 Desember 2016

"Honeymoon : Semarang Kaline Banjir"

Well... ini liburan tipis-tipis dengan menyandang Mrs.Yunianto nih, kalau dibilang honeymoon kog ya kurang etis karena gak pake nginep dan gak ribet-ribet amat. Tercetus karena si bojo ini tetiba bilang gak pernah ke Semarang dan pengenlah dia kesana. Heuheu... dulu saya khatam Semarang, sekarang mayanlah ya... berhubung dulu lahir dan kuliah di kota Lumpia ini makalah dari itu saya mayan tau.


Lokasi 1

Kita mah naik bus aja yah, lagian mayanlah jarak tempuhnya gak yg jauuuhhhhhh amat. Turun di Terboyo naik bus kota aja ke arah tugu muda. Kalau gak mau panas ya order taxi aja hehe. Okey... maka sampailah kita di Lawang Sewu a.k.a Pintu Seribu (gak cucok ya kalau pake bahasa resmi). Oiya bus kota bayar 5k kalau gak salah, dan bus kota yg kita naik kog yaaaa masih jaman ya... udah agak soak dan puanas dan brisik mesin yg memang seharusnya diganti dg bus2 trans kluaran baru. Kita gak nunggu trans karena agak lama. 


Sampai Lawang Sewu ada beberapa sudut yg lagi di rehab, bangunan lama jd butuh polesan apalagi sekarang jd destinasi wisata. Dulu pas jaman kuliah eh belon kuliah sih, ini bangunan masih dianggurin dan banyak cerita mistisnya. Ya memang kalau yg punya indra 6, indra herlambang, indra brugman, gitu pasti ngerasain. Keliling di beberapa sudut dan mengambil beberapa gambar. Kali ini kita tanpa tour guide. Dulu pernah kesini ada tour guide nya. Jadi mayan tau cerita2 uwow nya lah ya.


Cerita apa sih? Cerita dulu jaman Belanda ini merupakan kantor KAI dan sampe sekarang sih, terbukti di depan bangunan kuno ini ada kereta tua teronggok manis dan terawat. Nah setelah itu di jaman Jepang katanya pernah jadi gedung penyiksaan, ada bangunan bawah tanah yang sempit dingin dan berair gitu jd penjara bawah tanah gitu pas jaman Belanda ruang bawah tanah jd tempat penampungan air apa gitu maka dari itu gedung ini tanpa AC pun sudah sejuk karena di bawah gedung ada penampungan air dan gedung ini punya silling/atap yang tinggi. Kejamnya di jaman Jepang ada selokan yang mengarah ke sungai dan itu buat buang mayat, ada semacam buangan di belakang gedung (horor yah) dan di dekat gedung memang ada sungai, dulu agak gedhe sih sekarang deeuuhh selokan besar yg kotornya uwow. 




Banyak sudut bersejarah kog, misal banyak di tembok yg terpasang wastafel itu karena orang Belanda cinta kebersihan. Oiya pas gedung ini nganggur lama banyak yg ambil wastafel dan beberapa peninggalan lain deh. Wastafelnya kece lhoh. Dan kenapa banyak pintu dan jendela tinggi, karena memang ini untuk perkantoran dan memang pd waktu itu masih jaman penjajahan maka juga di atas ada tempat pengintaian juga untuk sniper gitu deh. Lawang sewu terdiri dari beberapa gedung dan tiap gedung pny fungsi masing2. Sekarang lebih banyak lukisan yg dipajang atau pusat pameran seni, eh iya ada suatu ruang yg kita bisa melihat video tentang perkeretaapian dan juga banyak sejarah perkeretaapian di Indonesia. Sssttt dulu pulau Jawa nih tiap kota terhubung dg kereta api. Ya memang Orang Belanda cerdas dan efisien sekarang mah beberapa kota wis ilang bantalan rel bahkan relnya juga, dicuri dan dijual sebagai besi rongsokan. Aaahhh plis Pak Menteri Perhubungan hidupin lagi jalur kereta api di Pulau Jawa yang udah lama mati suri... pliiissss.


Mm banyak cerita deh tentang gedung ini, yg pasti salute bangedddd ama pihak Belanda yang udah design gedung kece ini dengan segala lebihnya. Dari  ruang perkantoran dibumbui ruang olahraga dan ruang pengintai. Thanks dan akan kami jaga kami rawat sebagai bukti dulu kami pernah berjuang karena ada tetesan darah rakyat di gedung ini pula.


Lokasi 2

Okey puas di sini maka kita kelaparan dan okey ke Pandanaran, jalan sore, maka kita makan tahu gejrot dan es gempol. Lalu beli oleh2 lumpia khas Semarang. Kita jalan karena memang dari Lawang Sewu ke Pandanaran ini mayan deket.



Lokasi 3

Sam Phoo Kong entah nulis yg benernya gimana, banyak versi soalnya. Ini dia klenteng Sam Phoo Kong dari arah Lawang Sewu tinggal naik angkot dari depan Pangdam, tanya aja yg jurusan klenteng. Sampai sini udah sore dan ramai dan ternyata agak kecil gak luas-luas banged, ada iconik kece pastinya si Jendral Sam Phoo Kong dan beberapa gedung ruang sembayang pastinya. Karena memang tempat ibadah jadi ya pasti berasanya yah ama aroma dupa atau apa gitu kalau dekat gedung atau di penjual souvenir sekitarnya.





Okey sekian dulu deh cerita honeymoon tipis-tipis kita, foto yg kita ambil gantian klo gak ya timer jd ketahuan kan yg tukang foto aseli siapa #sebutdiadeknda 😂😅

Besok kita bagi lagi acara jalan-jalan kita

0 comments:

Posting Komentar