Selasa, 31 Maret 2015

>> Ullen Sentalu



---Part 2---

Jogjaaaahh,..

Okey deh klo dengar kata Jogja ya identik ama keraton dan jawa tulen atau kalau anak jaman kekinian pasti langsung ingat band Sheila On 7 haha

Okey deh lanjut cerita mbolang yang terlewatkan beberapa hari kmrn, mmm hari kedua trip ke Jogja... ketemu teman2 baru dan kita nge-trip bareng, berangkatlah dari hotel jam 7an lebih klo gak salah, abis sarapan di hotel kita jalan ke shelter busway yang dekat dari hotel lalu tanya deh ama petugas jaga disitu klo mau ke arah Kaliurang naek bus no berapa, alhasil dikasih tahu kita naik 3A lalu ganti di shelter berikutnya dengan 2B. Yay waktu itu akhirnya kita ber 5 deh nunggu bus kota yang menuju kaliurang, puncak pass nih karena letak museum ullen sentalu di km 25 jl Boyong Sleman, Eh iyaaahhh trip kali ini kita mau ke Ullen Sentalu... hehe belum cerita yak, museum sejarah Jawa gitu, pokoknya aseeekk, dan icon yang paling terkenal ini nih, yang bikin mupeng buat berdiri disitu dan teriak “Oooooiii saya cinta sejarah Bangsa saya, itu kenapa saya berdiri disini!!!”

Monumen Miring


Lanjuttt, pas nunggu bus kota di perempatan Kaliurang kita berdiri depan rumah praktek dokter, dan namanya dokter Ag*ng, aaakkkkk entah kenapa selalu nemu kata itu, aaaiiisshh, berasa sakit hati sakit mata sakit jiwa ingat nama itu #eehhh #dilarangjatuhcinta #wkwkwkwkwk. Lupakan.... naaahh berhubung nunggu lama dan kita sebenarnya trip hemadddd cermat maka deh ber 5 itu naik taxi dan minta deh no epon pak supir, biar nanti klo pulang bisa epon taxi yang sama karena turun gunung nanti juga gak da kendaraan umum.

Turunlah kita di bunderan tugu Udang, emangnya kenapa namanya tugu udang karena emang ada patung udang segedhe gambreng nangkring di tengah jalan bunderan gitu. Wkwkwk... maka turunlah kita dari taxi dan gaya-gaya ala anak gunung maka jalan kaki lah kita, untung pake pletsus alias sepatu flat kalau enggak uwwwwoooowww, lumayan rek naik ke Museum itu, kata penduduk 500 meteran tapih tapih tapih jalan terus udah lebih dari 500 meter, gosh...hosh hosh hosh... pas udah sampe aaaahhh legaaaaaahh, beli tiket dengan harga Rp.30.000 per orang untuk dewasa.





Haha... masuklah kita dan ada pemandunya disana, embaknya hafal bener nama-nama ama kisah di dalam museum itu, eits banyak barang langka disitu selaen koleksi pribadi yang punya itu juga beberapa ada yang merupakan pinjaman. Yang paling menarik adalah kisah keraton Jogja dan Solo, kenapa Jogja masih DIY dan Solo kagak ada DIS karena dulu Solo mangkir alias antimonarki maka dihapuslah keistimewaan keraton Solo. Haha itu menarik yak kalo sampai sekarang Solo masih DI pasti lebih unyu, okelaaahh, ada banyak ruang yang memasang foto anggota keluarga kerajaan dan ada foto yang dimana kamu melihat maka bola mata dari lukisan itu mengikuti kemana mata kita memandang haaaahh pan jadi horor akika... haha.

Ada ruang surat-surat, ruang syair Tineke, aaakkk kalimatnyaaaa, eh jaman dulu itu kalau mau kirim surat harus dibaca ayahanda dulu alias Raja, hehe jadi walaupun ke pacarnya tuh surat haruslah dibaca Raja. Aaakkk untung jaman dulu kagak ada kalimat Ilop yu gitu hoho, miss yu, unyu-unyu, haha kalau jaman sekarang sms atau bb atau imel dibaca Ayah dulu kan uwooowww haha. Nah Tineke ini dengan kekasihnya tidak disetujui oleh orangtuanya, naahh looo jaman dulu yak ada aja halangan tapi si Kakak Tineke membantu dan akhirnya mereka bisa bersatu Yaaayyyyy, Alhamdulillah dek Nda spontan teriaknyaaaa, hehe.

ini nih contoh suratnya dari sini

Ada ruang khusus Gusti Nurul, beliau ini putri yang sangat pintar dan cantik, banyak yang meminangnya dan dia berani melawan alias anti poligami. Karena di lingkungan istana cenderung banyak selir. Gusti Nurul ini jago menari dan berkuda, aaakkk cantik banget deh... pantesan dulu Soekarno juga naksir berat ampe kirim surat 7 bahasa, tapi Gusti Nurul menolaaakk, ahaaayyy, cinta tak bisa dipaksa... hati bisa memilih yak... dan akhirnya Gusti Nurul memilih calon suaminya sendiri di usianya yang ke 30 dengan seorang Perwira militer menengah. Aaahhhh, banyak yang patah hati kayaknya. Sekrang Gusti Nurul masih hidup lhoh, beliau tinggal di Bandung. Serruuu yak...

Ada juga ruang batik, disana ada batik Solo dan Jogja yang kelihatan banget bedanya, ada batik yang dulu hanya dipakai oleh orang kerajaan dan abdi kerajaan tapi sekarang siapapun sudah bisa memakai batik tsb. Aaakkk batik juga ada simbolnya, motif ini untuk ini motif itu untuk itu, misal motif buat nikah jangan pakai motif parang tapi ada motif sendiri buat kain nikah, buat orang meninggal juga ada. Aaaahhh Indonesia keren banged, bangga punya batik.

Dan ini museum terus membangun pas kita kesana banyak yang lagi dalam proses membangun, dulu aja museum ini di bangun pelan-pelan nggak langsung jadi, dan pas kena letusan gunung api Alhamdulillahnya nggak banyak yang rusak.

dari sini

dari sini
Banyak arca atau patung-patung yang langka di museum ini, pokoknya serrrruuu, diajak kesini lagi akuuuhh maaauuuukkk, bangeeeeddd. ini arca di pintu keluar....












Eh iya pas akhir perjalanan kita bakal di bawa ke ruang kecil disana kita disuguhi minuman khas tempo dulu, kayak jamu kunir asem tapi seger bangeddd, hehe... katae ini minuman awet mudaaaaa, aaakkk pantesan berasa deh nambah awet muda, berasa masih 15 taon ini pas keluar dari museum. Wkwkwkwk, #tabokpemirsah. Ini minuman resepnya dari Ratu Mas, Permaisuri PB X.

Keluar dari museum ada sebuah lapangan naaaahhh ini nih ada tugu miring, kenapa di buat miring karena menunjukkan keprihatinan kalau kaum muda udah lupa ama sejarah bangsanya, aaaakkk akuh bukaaannn termasuknya, aku cinta budaya Indonesia. Dikasih waktu 5 menit doank buat foto dan kita melewati restoran dengan arsitektur modern yang kece banged yaitu Beukeunhof Resto.

betapa keren arsitektur bangunan ini

keereeen

narsis sedikit

feminin sedikit yak

Aaakkkk terimakasih Keluarga Hariyono yang udah bikin museum sekeren ini, nantik boleh mampir lagi yak, Istana di lereng Merapi, aakkkk emang Merapi tak pernah ingkar Janji ya... #menawarkansejutapesonakeindahandanmistisnya

0 comments:

Posting Komentar